Thursday, September 12, 2019

Mengenal vape untuk pemula

Selamat datang bagi yang tersesat dari mbah google :).
Ini tulisan pertama saya di blogger, di tulisan ini saya tidak bermaksud mengajak atau mengarahkan untuk memulai vaping, disini saya hanya sedikit memberi pencerahan bagi yang berniat berhenti merokok dan beralih ke Vape, atau bagi yang berniat membeli device vapor atau kali ini disini kita sebut Box Mods

Apa Itu Box Mod?
Box mod adalah sebuah sumber daya, sebuah alat yang mensuplay daya ke atomizer dari satu, dua buah baterai atau lebih yang mana baterai tersebut bisa di isi ulang kembali atau biasa kita kenal dengan istilah "di cas".
Secara garis besar, box mod memiliki beberapa tombol. Di antaranya ada tombol firing yang berfungsi sebagai saklar yang menghantarkan daya baterai dari box mod ke atomizer untuk memanaskan e-liquid/e-juice yang menghasilkan cloud atau uap.


Jenis Box Mod
Banyak sekali tipe, bentuk, dan merk yang beredar di pasaran. Agar tidak bingung ada beberapa cara untuk lebih mudah mengkategorikanya.

Bentuk dan design
Box mod hadir dalam beberapa design, konfigurasi, dan estetika model box mod itu sendri. Memiliki ukuran beragam mulai dari yang kecil hingga ukuran yang besar, tapi tetap nyaman untuk di genggam.
Secara umum Box Mod berbentuk kotak, ya kembali lagi ke namanya "Box Mod", tetapi banyar manufaktur yang membuat model yang lebih nyaman untuk di genggam, seperti bagian tepi yang melengkung agar lebih ergonomis.

Material yang dipakai pun beragam seperti plastik, metal, dan kayu dengan berbagai varian warna yang berbeda.

Baterai
Box mod biasa nya menggunakan baterai yang bisa di lepas dan bisa di isi ulang atau biasa disebut "bisa di cas".

Box mod tipe ini memliki 1 slot, 2 slot atau lebih baterai, baterai yang digunakan pun beragam, tapi yang sangat umum digunakan adalah tipe baterai 18650 high drain.
Baterai bisa di cas dengan charger external atau di mod nya itu sendiri (beberapa tipe tidak support).
Box mod juga ada yang menggukan tipe baterai non-removable atau yng tidak bisa di lepas, biasa menggunakan baterai jenis baterai Li-Po.
Power yang dihasilkan pun berbeda antara box mod yang satu dengan yang lain, banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya adalah baterai yang digunakan.

Fitur dan Fungsi
Sebuah box mod biasanya memiliki chip yang berguna untuk mengatur power yang dikeluarkan seperti Volt atau Watt yang dihantrkan ke atomizer. Yang mana box mod ini lazim disebut "Regulated Box Mod". Juga biasanya memiliki display yang menapilkan informasi seperti pengaturan, fungsi, dan power yang di gunakan.
Berbanding terbalik dengan yang di bahas di atas, ada satu lagi box mod yang disebut dengan "Unrugelated Box Mod". Jenis ini biasanya menggunakan chip yang lebih sederhana dari segi fungsi, yaitu sebagai pengaman saja dan juga ada tipe lain yang tidak memiliki chip sama sekali (Mechanical populer di sebut Mecha).
Di box mod ini kita tidak dapat mengatur Watt atau Voltase atau fitur dan fungsi tambahan.
Jadi daya yang dihasilkan tergantung dari daya baterai langsung.

Jenis Box Mod Manakah Yang Cocok Untukmu?


Menurut saya pribadi, memilih box mod adalah hal yang gampang gampang sulit, kenapa?, karena terkadang kita suka akan model box mod nya, tapi power yang dihasilkan tidak dapat memenuhi ekspektasi penggunanya. Ada juga model cocok, power cocok, tapi harga kurang cocok :).

Jadi pilih box mod yang memang sesuai untuk kamu, lakukan riset yang mendalam terlebih dahulu, misal dengan bertanya ke yang lebih berpengalaman, atau bisa konsultasi di Toko yang menjual box mod itu sendiri.

Pertimbangan terakhir untuk membeli box mod adalah dengan mempertimbngkan cloud yang dihasilkan, semakin besar power sebuah box mod hasilkan, semakin banyak juga cloud yang dihasilkan.

Sekian dari saya salam Quit Smoking, Start Vaping.

Artikel ini di rangkum dari beberapa sumber.

No comments:

Post a Comment